Categories
Uncategorized

9 Fakta Unik Tentang Fujiyama di Jepang

Sebagian dari kita pasti sudah tahu bahwa Fujiyama adalah nama sebuah gunung di Jepang yang terkenal akan kecantikannya. Biasanya di dalam gambar, gunung ini terlihat memiliki salju di puncaknya dan berpadu begitu indah dengan bunga sakura khas Jepang. Ternyata ada banyak fakta menarik berkaitan dengan gunung ini yang mungkin belum Anda ketahui dan bisa menambah pengetahuan.

Fakta Unik Fujiyama

Beberapa fakta unik dari Fujiyama adalah sebagai berikut ini :

  • Asal nama Gunung Fuji

Beberapa orang mungkin sering menyebut nama Gunung Fujiyama. Ternyata sebutan ini kurang tepat karena dari namanya, Fujiyama terdiri dari 2 kata yaitu fuji dan yama. Kata yama sendiri artinya adalah gunung sehingga kita lebih tepat menyebutnya sebagai Gunung Fuji, bukan Gunung Fujiyama.

  • Gunung tertinggi di Jepang

Gunung Fuji merupakan gunung yang paling tinggi di Jepang dengan ketinggian yang mencapai 3776 meter dari permukaan laut. Bila diukur, diameternya kurang lebih adalah 40 hingga 48 km di bagian dasarnya. Kelilingnya adalah 125,529 km dan memiliki kawah di bagian atasnya dengan ukuran diameter kira-kira 487,68 meter.

  • Tempat favorit para pendaki

Gunung Fuji merupakan tempat favorit untuk para pendaki yang sekaligus ingin berwisata alam. Setiap tahunnya kurang lebih ada 200.000 pengunjung yang datang dan menurut persentase, 30% merupakan wisatawan mancanegara.

  • Situs budaya

Mungkin banyak orang yang menganggap Gunung Fuji ini merupakan sebuah situs alam karena berupa gunung. Namun faktanya UNESCO menetapkan Gunung Fuji ini sebagai situs warisan budaya yang harus dijaga kelestariannya. Di tempat ini kurang lebih ada 25 situs berupa kuil dan rumah penginapan.

  • Wanita dilarang mendaki Gunung Fuji

Hingga tahun 1868, orang-orang Jepang melarang para wanita untuk mendaki atau menginjakkan kaki di Gunung Fuji. Salah satu alasannya adalah karena menganggap Gunung Fuji adalah gunung yang sacral dan disucikan.

Namun setelah tahun 1868, larangan tersebut dihilangkan dan Lady Fanny Parkes menjadi wanita non Jepang yang pertama kali mendaki ke puncak Gunung Fuji. Dia adalah istri dari Sir Harry Parkes, duta besar negera Inggris yang mendaki pada tahun 1869.

  • Gunung berapi yang masih aktif

Dengan melihat keindahannya yang terkesan tenang, ternyata Gunung Fuji ini merupakan gunung berapi yang masih aktif namun memiliki risiko letusan yang rendah. Gunung ini sudah tidak meletus lagi sejak tahun 1707 dan kerucut yang terbentuk sekarang terjadi pada 4 fase yang sudah terlalui.

  • Gunung Fuji memiliki 3 puncak

Beberapa dari kita mungkin menganggap bahwa Gunung Fuji hanya memiliki 1 puncak saja dengan selimut salju putih yang begitu cantik. Namun hal tersebut tidak benar karena ternyata Gunung Fuji mempunyai 3 gunung berapi yang berdiri terpisah. 3 gunung tersebut adalah komitake yang berada di paling bawah, lalu kofuji di bagian tengah dan fuji berada di bagian atas.

  • Gunung yang disucikan

Fujiyama merupakan gunung yang yang disucikan di Jepang untuk para penganut Shinto. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan mereka pada dewa Sengen. Sedangkan menurut para penganut agama Budha, gunung ini adalah gerbang untuk masuk ke dunia lain. Walaupun dianggap gunung yang disucikan, namun tempat ini tetap dibuka untuk umum dan banyak dikunjungi para peziarah.

  • Dikelilingi sumber air panas

Bila Anda berkunjung ke Gunung Fuji, jangan lupa untuk mencoba pemandian air panasnya yang terkenal. Gunung Fuji dikelilingi oleh sumber air panas yang berasal dari aktivitas geothermal di sekitar gunung.

Hal ini bisa Anda lakukan seusai lelah mendaki sehingga Anda dapat melemaskan otot yang kaku dan kelelahan selama perjalanan. Bonusnya Anda dapat menikmati pemandian air panas dengan pemandangan menakjubkan dari Gunung Fuji yang memukau.

Ternyata ada banyak hal unik yang ada di balik Fujiyama ini. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan Anda dan suatu saat nanti Anda dapat berkunjung serta menikmati keindahan alamnya secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *