Categories
Uncategorized

Tips Sederhana Budidaya Tanaman Hias Kaktus yang Mudah dan Simple

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang sangat khas dengan area gurun. Ya,tanaman yang kami maksud adalah kaktus,yang mana tanaman ini sangat terkenal mempunyai duri yang begitru tajam.

Pada umumnya tumbuhan ini dapat hidup tanpa air dalam waktu yang lama. Buddidaya kaktus hias belakangan ini semakin populer karena minim perawatan.

Tips Sederhana Budidaya Tanaman Hias Kaktus yang Mudah dan Simple

Asal usul habitat kaktus terletak di gurun barat. Namun seiring berjalannya waktu, tanaman ini akhirnya menyebar ke seluruh penjuru dunia. Kaktus sendiri ada bermacam-macam jenis, ada kaktus yang ukurannya sangat besar, kira-kira sebesar manusia atau kaktus kecil.

Selain itu, berbagai jenis kaktus juga dapat menghasilkan bunga yang indah. Makanya, tak heran jika banyak orang yang tertarik menanam kaktus sebagai tanaman hias.

Tahap pertumbuhan kaktus hias

Jenis kaktus yang biasa digunakan sebagai tanaman hias adalah kaktus mini yang dapat menghasilkan bunga. Jika Anda tertarik untuk mulai menanam kaktus, berikut beberapa langkah yang harus Anda ambil.

1. Membuat biji kaktus

Langkah pertama dalam budidaya kaktus hias adalah produksi benih yang berkualitas. Anda dapat menggunakan benih yang dibeli dari tanaman hias atau memperbanyak dari tanaman induk.

Kriteria bibit kaktus berkualitas yang akan dipilih antara lain:

Batangnya tidak terluka

Arah pertumbuhannya vertikal

Memiliki duri yang sempurna

2. Persiapan media tanam

Karena habitat kaktus berada di daerah gurun yang gersang, maka media tanam yang kering dan kedap udara harus disiapkan. Anda dapat menggunakan berbagai jenis media tanam seperti pasir, arang kulit, dan kompos dengan perbandingan 1: 1: 1.

Jangan gunakan media tanam yang lembab yang terlalu banyak menyerap air, seperti tanah merah atau tanah liat, karena akan membusuk tanaman.

Setelah menyiapkan media tanam, sediakan juga pot atau penanam yang seukuran kaktus. Untuk jenis kaktus hias bulat bisa menggunakan pot mini dengan ukuran 5-10 cm

3. Perawatan dan pemeliharaan kaktus

Tanaman kaktus irigasi dapat disesuaikan dengan derajat kekeringan media tanam. Setelah 2 minggu setelah tanam, tanaman kaktus dapat dipindahkan ke wadah yang lebih sesuai.

Selain penyiraman, Anda perlu rutin mengganti pot dan media tanam. Sesuaikan jenis pot dan media tanam dengan kaktus.

Beberapa jenis kaktus lebih menyukai tempat yang lebih gelap, yang lain lebih menyukai sinar matahari penuh. Untuk kaktus yang menyukai sinar matahari penuh, jangan biarkan tanaman terkena sinar matahari langsung. Biarkan tanaman selama 3 minggu sebelum meletakkannya di bawah sinar matahari. Sedangkan untuk jenis kaktus yang menyukai tempat gelap, sesekali Anda bisa meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari.

Meski permukaannya tertutup duri, tumbuhan ini dipercaya memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan dan kecantikan.

Konten yang terkandung dalam kaktus

Sebelum kita membahas manfaatnya, yuk ketahui dulu apa saja kandungan bahan kaktus tersebut.

Berisi kaktus mentah seberat 128 gram

3 gram karbohidrat;

1 gram protein;

2 gram serat dan

14 kalori.

Kaktus juga memiliki sejumlah vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin A, C, K, dan kalsium.

Kaktus sebagai tanaman sukulen sering digunakan sebagai tanaman hias karena tampilannya yang indah dan perawatannya mudah.

Succulents sendiri merupakan tumbuhan yang dapat menahan air pada batangnya.

Selain berfungsi sebagai penghias, tanaman ini juga dapat dimakan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Ada puluhan jenis kaktus yang bisa dimakan.

Salah satunya adalah kaktus yang disebut nopales, atau pir berduri, yang populer di Amerika Latin dan Meksiko.

Tanaman ini memiliki tekstur yang renyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *